Cara Backup Database Lokal Aplikasi RKAS (ARKAS) Online Kemdikbud terbaru

OPS BUKAL - Sobat operator atau bendahara BOS Pernah Mengalami komputer error hingga mati total saat kita mengarap ARKAS dan masih belum melaukan singkron ?


Jika pernah maka semua data akan hilang dan sobat harus mengulang dari awal lagi, untuk mencegah hal itu terjadi berikut saya ingim membagikan panduan untuk memback up lokal database aplikasi E RKAS yang dirangkum dari laman FAQ RKAS. agar saat terjadi kerusakan pada komputer atau laptop, data dapat dipindah ke komputer atau laptop lain tanpa harus bongkar - bongkar Hardisk.

Manual Ini juga bisa sobat melalui link dibawah ini.

BACKUP DATABASE LOKAL
Proses Backup ini adalah proses bagaimana kita akan mengamankan database yang ada di komputer kita (database lokal). Proses backup ini boleh dilakukan kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Namun alangkah lebih baik jika dilakukan secara berkala atau dilakukan setiap ada perubahan pada database. Kemudian database tersebut simpan kedalam media memori yang lebih aman.

Hal ini juga selain untuk mengamankan data, tetapi juga bisa digunakan ketika proses memindahkan aplikasi RKAS dari satu komputer ke komputer lain.

1. Backup Database
Berikut akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah mengamankan database:
  • Klik Kanan pada menu windows, kemudian Buka windows explorer / File Explorer.
  • Kemudian Ketikan : %appdata% pada bagian direktorinya.
  • Kemudian klik enter, setelah itu buka folder berikut : \ArtTech\RKAS

File yang ditunjuk tanda panah itulah file database lokal. File itulah yang harus kita backup secara berkala dalam memori yang lebih aman.

2. Memindahkan Aplikasi RKAS Ke Komputer Baru
Proses ini tidak jauh berbeda dengan proses Backup diatas, karena ketika kita akan memindahkan aplikasi RKAS ke PC baru maka tahapan yang pertama adalah backup terlebih dahulu databasenya.
  • Baru setelah itu instal aplikasi RKAS di Komputer yang baru. Setelah selesai install jangan dulu dijalankan, karena kalau dijalankan, aplikasi akan minta aktivasi baru.
  • Setelah itu buka File Explorer dan ketikan : %appdata% pada direktorinya kemudian enter.
  • Setelah itu buka folder berikut : \ArtTech\RKAS\.
  • Copykan / Timpakan database yang sudah kita backup sebelumnya ke folder \ArtTech\RKAS\.
  • Setelah selesai baru kemudian jalankan aplikasinya. Maka secara otomatis aplikasi tidak akan meminta aktivasi dan user atau sekolah bisa langsung login ke aplikasi RKAS sesuai dengan username dan password pada Komputer sebelumnya
Itulah Sekilas mengenai Backup Database pada E-RKAS Semoga dapat bermanfaat untuk sobat operator dan Bendahara BOS.

Baca juga

Artikel terkait

4 komentar

  1. Winwin
    Saya lupa melakukan buckup data dan laptop saya sudah di install ulang, bagaimana cara saya buat kembali ketika saat kode verifikasi muncul peringatan "digunakan pada perangkat lain " ?
    • Restu Ahmad
      Gunakan Versi 2 untuk restore, dan jangan konekkan ke internet
    • Fey walantaka
      sama dengan yang saya alami. bagaimana caranya untuk merestore? sy menggunakan arkas versi 2.04. udah pernah singkron. setelah install ulang laptop selalu muncul popup minta aktivasi dan keterangan "digunakan pada perangkat lain" . kalo sy menghubungi dinas, apakah data yg pernah singkronnya akan hilang?
    • Restu Ahmad
      kalau lupa di backup, harus reset oleh dinas,

Berkomentarlah sesuai Postingan.
Komentar yang anda berikan adalah tanggapan pribadi,
kami berhak menghapus semua komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.